Kenali Dulu Gejalanya dan Ketahui Cara Mengatasi Asam Lambung Berikut Ini!

Rasa asam di mulut serta bau mulut sebenarnya juga bisa jadi salah satu gejala Kamu terkena asam lambung atau yang dikenal juga sebagai penyakit GERD. Tentunya bukan masalah kesehatan yang baru lagi bagi Kamu bukan.

Karena sebagian besar orang pernah mengalaminya, penyakit yang satu ini dapat terjadi karena sfingter atau otot katup bagian bawah esofagus melemah. Jadi yang seharusnya bisa menjaga isi lambung agar tetap ada di dalam justru membuatnya naik hingga keluar menuju kerongkongan, inilah yang menyebabkan GERD.

Melemahnya otot pada esofagus ini sendiri pada dasarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai diantaranya adalah pola makan yang salah, berat badan berlebih maupun gangguan-gangguan kesehatan tertentu. Sehingga patut untuk diwaspadai.

Tak sekedar menyebabkan rasa kurang nyaman saja pada penderitanya. Melainkan jika dilihat penyakit yang satu ini juga bisa memicu berbagai kondisi kesehatan lain yang lebih berbahaya, termasuk juga dapat memicu penyakit kanker, sehingga harus diwaspadai.

Penting bagi Kamu mengenai gejalanya dulu sehingga tak terlambat dalam mengobatinya, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

  1. Kesulitan dalam menelan makanan, seperti ada sesuatu yang menyangkut pada tenggorokan Anda.
  2. Gangguan pada sistem pernapasan seperti mengalami sesak maupun juga batuk. Bahkan untuk orang yang pada dasarnya punya penyakit asma maka akan memperparah kondisinya tersebut.
  3. Perubahan yang terjadi pada suara, diantaranya adalah membuat suara Kamu menjadi serak karena adanya lendir di tenggorokan.
  4. Mual hingga muntah, kondisi tersebut akan semakin parah setelah makan.
  5. Rasa sakit pada tenggorokan.
  6. Keluar isi lambung tanpa Kamu sadari.
  7. Mengalami gangguan pada saat tidur.
  8. Kerusakan pada gigi, hal tersebut dikarenakan gigi terlalu sering terkena cairan asam.
  9. Mengalami bau mulut.

Cara mengatasi asam lambung:

  1. Pakai obat-obatan untuk menurunkan asam lambung, cara paling cepat yang dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah memakai obat-obatan, ada setidaknya 3 golongan obat-obatan yang efektif dipakai untuk menetralkan asam lambung, seperti obat antasida, golongan H2 receptor blocker dan proton pump inhibitors, semuanya memang dapat bekerja untuk mengatasi gangguan asam lambung Anda.
  2. Menurunkan berat badan, mau tak mau jika seandainya penyakit tersebut terjadi karena berat badan berlebih maka Kamu harus menurunkannya, yaitu menjalankan program diet yang sehat ditambah dengan aktif atau rajin berolahraga.
  3. Hentikan kebiasaan merokok dan juga konsumsi alkohol, karena bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya kedua jenis bahan tersebut memang bisa memicu penyakit asam lambung ini, jadi harus diwaspadai.
  4. Jangan memakai pakaian yang ketat, karena hal ini hanya akan menyebabkan tekanan pada perut semakin kuat, akibatnya asam lambung juga semakin naik.
  5. Menjaga pola makan, makan secara teratur dan sebisa mungkin menghindari makanan yang menjadi penyebab asam lambung seperti makanan asam, pedas, berlemak sampai dengan kafein.
  6. Hindari kebiasaan langsung berbaring atau tidur setelah makan, ini juga akan menyebabkan asam lambung menjadi naik.

Itulah diantaranya beberapa cara untuk mengatasi asam lambung yang bisa Kamu lakukan, paling cepat bisa memakai obat dari Promag. Tentunya tak asing lagi dengan nama yang satu ini bukan, Promag dikenal sebagai obat yang efektif digunakan mengatasi gangguan pencernaan seperti asam lambung, maag sampai dengan perut kembung, obat ini juga bisa didapatkan secara mudah di pasaran tanpa resep dokter.